Kunjungan Konsultan JICA

Parepare, 21 September 2010

Suatu kebanggaan tersendiri bagi SMP Negeri 6 Parepare kunjungan Konsultan JICA, tim ini terdiri dari 5 orang, dipimpin langsung oleh Mr. Tanaka, Muh.Sultan (Kementerian Propinsi SulSel), H. Abdullah Rahim Konsultan Lapangan Kabupaten Barru.

Tim ini meninjau SMP Negeri 6 Parepare dalam rangka penjajakan program JICA yang telah berakhir November 2010, program ini diberi label PRIMA Pendidikan (PRIMA-P) adalah sebuah program kerjasama teknis yang diimplementasikan bersama-sama oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Japan International Cooperation Agency (JICA).

Sasaran program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas manajemen dan pelayan pada sektor pendidikan di Provinsi Sulawesi Selatan. Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan sebuah model untuk peningkatan pendidikan menengah pertama secara terpadu dalam hal kuantitas, kualitas manajemen pada tiga kabupaten terget di Provinsi Sulawesi Selatan.

Tiga kabupaten target tersebut adalah kabupaten Barru, Jeneponto, dan Wajo. Total 17 Kecamatan telah terpilih dari 32 kecamatan, mencakup setengah total kecamatan. Program ini mencakup semua jenis sekolah tingkat menengah pertama di kecamatan target yaitu SMP Negeri dan Swasta, MTs Negeri dan Swasta dan SMO Terbuka.

Dalam kesempatan kunjungan tim PRIMA-P (Jica) adalah menjajaki keberlanjutan program ini, ingin mengetahui kondisi siswa, sarana pembelajaran, suasana pembelajaran di SMP Negeri 6 Parepare secara langsung.

Berbagai unek-unek disampaikan oleh beberapa guru dengan bahasa Inggris antara lain: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Nurhayati Syam, Ika Merdekasari, Herawati, dan Andi Rusdi tentang kondisi siswa, sarana pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh dari kunjungan ini antara lain: (1) Sumber daya guru di SMP Negeri 6 Parepare cukup potensial khususnya dalam penguasaan bahasa asing, namun demikian perlu  upaya-upaya perbaikan pembelajaran terkhusus kemampuan guru dalam penggunaan IT melalui program pelatihan komputer, (2) kondisi sarana dan prasarana di SMP Negeri 6 Parepare perlu diperhatikan oleh pemerintah kota dalam hal ini Dinas Pendidikan, (3) Senantiasa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota, Dinas Pendidikan Provinsi dalam upaya peningkatan mutu di sekolah. (anrus)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: